Salah satu kunci kesehatan orang pada zaman dahulu, selain banyak bergerak dan juga makanan sehat minim olahan, adalah berjalan tanpa alas kaki. Pada masa dahulu berjalan tanpa alas kaki adalah hal yang lumrah, sekalipun mungkin pada masa itu alasan utamanya adalah ekonomi.

Setelah banyak dilakukan penelitian tentang manfaat berjalan tanpa alas kaki bagi kesehatan, saat ini banyak orang kembali melakukan kebiasaan ini. Sekalipun pada saat ini biasanya orang berjalan tanpa alas kaki memang disengaja dan pada saat tertentu, misalnya ketika olahraga pagi.

Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki

Bagi Anda yang penasaran, inilah beberapa manfaat berjalan tanpa alas kaki bagi kesehatan:

1. Memperbaiki Bentuk Kaki

Tahukah Anda, pada dasarnya kaki manusia seharusnya memiliki lengungan pada bagian tepi. Memakai alas kaki seumur hidup, menjadikan kaki Anda menjadi rata dan otot telapak kaki melemah. Dengan terapi berjalan tanpa alas kaki akan lebih mudah mencegah kaki Anda menjadi rata dan juga menguatkan otot telapak kaki Anda.

2. Memperbaiki Postur

Memakai sepatu sepanjang hari menjadikan otot-otot penstabil di kaki kamu kehilangan kekuatan. Hal ini menjadikan berisiko menjadikan postur tubuh Anda buruk. Dengan sering berjalan tanpa alas kaki maka tekanan pada titik-titik tertentu pada telapak kaki akan memperbaiki postur kamu.

3. Menyembuhkan Sakit Kepala

Berjalan tanpa alas kaki juga secara ajaib dapat menyembuhkan sakit kepala dan juga migrain. Tekanan pada bagian telapak kaki akan melancarkan peredaran darah hingga ke bagian kepala, dan juga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

4. Mengurangi Sakit Punggung

Terutama wanita, sering mengalami sakit punggung akibat terlalu sering menggunakan sepatu atau sandal dengan hak yang cukup tinggi. Sebenarnya high heels dapat memaksa panggul Anda miring ke depan, sehingga menyebabkan sakit punggung.

Jika Anda adalah orang yang sering menggunakan high heels, Anda baiknya Anda seimbangkan dengan sering berjalan tanpa alas kaki agar otot kaki kembali rileks dan meredakan sakit punggung akibat postur yang sering dipaksakan ketika menggunakan high heels.

5. Menyehatkan Organ Dalam

Banyak bagian organ darah yang diperbaiki dengan tekanan pada beberapa bagian telapak kaki selama Anda berjalan tanpa alas kaki. Salah satunya Andalah penyakit kardovaskular. Hal ini dikarenakan ketika bertelanjang kaki secara tidak langsung kekentalan darah akan berkurang sehingga risiko penyakit kardiovaskular juga semakin menurun.

Selain itu, bertelanjang kaki juga dapat menguatkan otot dan tulang serta banyak menekan titik akupresur yang dapat meringankan kondisi ginjal dan hati.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Ada sebuah penelitian, yaitu hanya 16 menit berjalan tanpa alas kaki dapat meningkatkan memori seseorang, hingga sebesar 16%. Itulah salah satu rahasia mengapa orang aman dahulu lebih jarang terkena penyakit pikun setelah menua.

7. Meningkatkan Penglihatan

Salah satu titik akupresur yang ada di bagian telapak kaki adalah titik untuk meningkatkan penglihatan. Titik tersebut ada pada bagian pada jari kaki pertama, kedua, dan ketiga. Ketiga titik ini akan dengan mudah terkena tekanan saat Anda berjalan bertelanjang kaki.

8. Menambah Vitamin D

Ketika berjalan tanpa alas kaki kulit akan lebih banyak terpapar sinar matahari sehingga bidang yang menyerap vitamin D juga akan semakin luas. Itulah sebabnya sebaiknya Anda berolahraga dengan bertelanjang kaki pada saat pagi hari agar mendapatkan dobel manfaat.